Loading...

Manfaat Tanaman Liar Jarong Atau Pecut Kuda Bagi Kesehatan Serta Tips Menggunakannya

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Tumbuhan pecut kuda yang di Sunda disebut Jarong ini, berasal dari Amerika Tropis. Ia mudah diketemukan di daerah cerah, tengah serta terlindung dari cahaya matahari. Ia bahkan juga dapat hidup tambah baik, pada ketinggian 1 hingga 1. 500 mtr. dari permukaan laut.

Ciri-ciri serta Gambaran Tanaman Pecut Kuda.
Dari sisi fisik, tumbuhan ini di kenal dengan bunga warna biru keunguan (biru tua) yang selalu mekar di tiap-tiap paginya. Ia baru berhenti berbunga, bila sudah mencapai ujung tangkai bunga. Di daerah Jawa, pecut kuda dimaksud masyarakatnya dengan nama biron, karomenal, sekar laru serta ngadirenggo. Untuk penggemar bunga, tumbuhan berdaun tunggal ini, menjadi daya tarik sendiri. Ciri yang lain dari tumbuhan ini, dapat dikenali dari helaian daun yang berupa bulat telur bergerigi. Pangkal daun menyempit dengan ujungnya yang runcing. Permukaan terang berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lebar 3-6 cm, berwarna hijau tua. Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang memanjang, seperti pecut, panjangnya 4- 20 cm.

Tanaman pecut kuda dikenal juga di luar negeri sebagai tanaman obat seperti di negara gorden bambu atau tiongkok. Di negara Cina, tumbuhan ini dimaksud dengan nama Yu long bian, sedang pecut kuda diberi nama dengan nama snakeweed di Inggris. Bila dikonsumsi, rasanya pahit serta sifatnya dingin. Ia diketahui Bermanfaat sebagai pembersih darah, anti radang, serta peluruh kencin9 (diuretik). Semua manfaat yang dikandung pecut kuda, dikarenakan oleh kandungan glikosida flavonoid, serta alkaloid yang ada pada herbal pecut kuda.

Nyaris semua sisi tumbuhan ini, dapat jadikan obat. Sebutlah akar, bunga, ataupun batang maupun daunnya. Sampai kini, ia di kenal orang-orang dapat menyembuhkan infeksi serta membantu saluran kencin9, sakit tenggorokan lantaran radang (faringitis), batuk, – rematik, serta haid tak teratur.

Khusus bunga serta tangkainya, dapat dipakai untuk penyembuhan hepatitis A atau radang hati. Sementara akarnya, dapat dipakai untuk penyembuhan keputihan (leukore).

Langkah Membuat serta Memakai Tanaman Pecut Kuda Sebagai Obat Tradisional 

Untuk Penggunaan Dalam (Diminum) : Langkahnya yaitu dengan merebus 15-30 gram herba kering atau 30 – 60 g herba fresh, Kemudian, airnya dapat diminum.
Untuk Penggunaan Luar (Dioles serta Ditempel pada Kulit) : Langkahnya yaitu dengan menggiling herba fresh hingga halus, lantas tempelkan ke sisi badan yang sakit, seperti bisul, radang kulit bernanah, serta luka.

Ramuan untuk obat radang tenggorokan serta batuk 
Langkahnya : Sediakan 50 g herba pecut kuda fresh, 2 buah kencur ukuran tengah, 2 siung bawang putih. Semuanya bahan dicuci, lantas tumbuk hingga halus. Berikan 1/2 cangkir air gula sembari diaduk rata, lantas peras serta saring. Setelah itu, minum air yang terkumpul, kerjakan 3 kali satu hari, sepanjang 3-5 hari.

Ramuan untuk Obat Keputihan pada Wanita
Langkahnya : Sediakan serta bersihkan bersih 50 g akar pecut kuda fresh, lantas bebrapa irislah sekedarnya. Berikan 3 gelas air bersih, lantas rebus hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring serta air saringannya dibagi untuk 2 kali minum, pagi serta sore hari, semasing 1/2 gelas.

Ramuan Pecut Kuda untuk Obat Hepatitis A 
Langkahnya : Sediakan serta bersihkan bersih 5-10 tangkai bunga pecut kuda hingga bersih, lantas potong-potong sekedarnya. Berikan gula batu seperlunya, lantas rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring serta air saringannya diminum. Kerjakan sehari-hari hingga pulih.

Ramuan Untuk Menangani Keluhan Nyeri pada Rematik 
Langkahnya : Sediakan serta bersihkan bersih 30-60 g herba pecut kuda fresh, lantas potong-potong sekedarnya. Rebus dalam 3 gelas air bersih hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring serta air saringannya diminum satu hari 2 kali, semasing 1/2 gelas.

Tanaman herbal pecut kuda juga diakui sebagai pembersih darah alami, bahkan juga sekarang ini telah ada yang memakai pecut kuda berbentuk kapsul serta di jual bebas maka bagi yang kesulitan mencari tanaman pecut kuda bisa menggunakan kapsul yang diisi serbuk pecut kuda itu terlebih untuk pembersih darah.

Bahaya serta Dampak Samping Tanaman Pecut Kuda
Sepanjang pemakaian sesuai ketentuan serta dosis yang diputuskan, belum ada info laporan tentang efek samping pemakaian tanaman pecut kuda sebagai obat. Namun khusus ibu hamil, sangatlah dilarang minum rebusan ramuan obat ini lantaran dapat mengakibatkan keguguran. Serta yang terutama janganlah berlebihan dalam pemakaian tanaman pecut kuda sebagai obat herbal.

Silahkan sebarkan serta bagikan info mengenai tanaman pecut kuda ini bila berguna. Terima kasih.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...