Tips Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair untuk Meningkatkan Produksi 3x Lipat

Sponsored Links
.


Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair - Pada artikel kali ini kami akan megupas mengenahi cara pembuatan pupuk kompos cair dari limbah buah – buahan. Pembahasan ini merupakan referensi pelengkap pada pembahasan sebelumnya yang telah kami sajikan seperti tips cara membuat pupuk organik cair, cara pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak dan cara membuat pestisida organik.

Tips cara pembuatan pupuk kompos dari limbah buah-buahan
Menyulap limbah sampah buah menjadi pupuk kompos cair pada dasarnya bukalah hal yang sulit. Seperti pengalaman cara pembuatan pupuk kompos cair yang dilakukan oleh Edy Wahyudi. Beliau ini adalah seorang penyuluh kontrak yang terdorong untuk melakukan inovasi cara pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan tempat tinggalnya.

Edi mengatakan “pada mulanya muncul ide kreatif ini berasal dari keprihatinan dirinya melihat sisa-sisa limbah buah yang menumpuk  di pasar raya dekat rumah, yaitu di Kota Tengkongan  Aceh Tengah. Pada awalnya Edi sempat kebingungan bagaimana cara membuat pupuk kompos cair dengan memanfaatkan limbah buah ini. Setelah berfikir lama, akhirnya beliau mencoba mencari referensi-referensi mengenahi kandungan buah dan zat-zat yang ada didalamnya.
Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair
Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair

Untuk mencari pengetahuan mengenai cara pembuatan pupuk kompos tersebut Edi mencoba mencari  info melalui berbagai media, baik internet, buku, majalah dan sumber-sumber lainnya. Pada akhirnya Edi pun menemukan jawabannya, dimana zat yang terkandung buah-buah memiliki enzim yang dapat mendorong pertumbuhan tanaman dengan secara cepat.

Tanpa ragu, akhirnya penyuluh pertanian tersebut mulai mencoba mempraktekan ide kreatifnya dengan cara pembuatan pupuk kompos cair berbahan limbah buah-buahan. Buah merupakan bahan organik yang banyak mengandung air, sehingga untuk mengubahnya menjadi pupuk cair lebih mudah. Tutur Edi
Proses Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair
Dengan memanfaatkan peralatan seadaanya, Edi mencoba menjelaskan cara pembuatan pupuk kompos cair tersebut kepada Kami. Langkah yang harus terlebih dahulu Anda lakukan adalah mencuci bersih sisa-sisa buah, dengan tujuan untuk menghilangkan zat-zat kimia yang menembel pada limbah buah tersbut. Kemudaian menghancurkanya menjadi bubur lembut dan setelah itu disaring utuk diambil sari buahnya.

Untuk mengubahnya menjadi cairan pupuk maka selajutnya dilakukan proses fermentasi selama kurang lebih 2-3 minggu. Cara pembuatan pupuk kompos cair tidak sampai disitu saja, diperlukan activator dan stimulator untuk merangsang pembentukan enzim, caranya dengan menambahkan gula merah secukupnya.

Cara pembuatan pupuk kompos cair juga membutuhkan proses fermentasi. Dalam tahapan ini Edi mengunakan air kelapa yang berfungsi untuk mendorong pembentukan zat Giberalin, Sitokinin dan Auksin. Ketiga zat tersebut merupakan zat yang dibutuhkan tanaman untuk merangsang pertumbuhan pada perakaran, pertumbuhan batang, daun, serta untuk mempercepat tanaman berbunga dan berbuah.

Proses  selanjutnya cara pembuatan pupuk kompos cair yaitu menjaga PH cairan agar setabil dan tidak tercemar oleh bakteri merugikan yang justru dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Dalam hal ini Edi tidak kehabis akal. Berbekal referensi pengetahuan yang Ia dapatkan, Edi  pun menambahkan air sisa cuci beras (tajin) kedalam cairan buah yang telah dibuatnya.

Ringkasan Cara Pembuatan Pupuk Kompos Cair Berbahan Limbah Buah Sebanyak 40 Liter
1.    Alat :
  • Ember plastik/tong plastik ukuran 50 Liter
  • Plastik untuk penutup
  • Saringan
2.    Bahan :
  • Limbah buah 20 kg
  • Air kelapa 10 liter
  • Air cucian beras 5 liter
  • Gula merah 1 kg
  • Air 20 liter (hindari pengunaan air PAM)
3.    Cara pembuatan pupuk kompos
  • Langkah pertama cara pembuatan pupuk kompos cair adalah menghancur sisa-sisa buah, kemudian disaring dan masukan kedalam ember yang sudah disediakan.
  • Selajutnya larutkan air kedalam ember tersebut. Tambahkan kelapa, air beras dan gula merah.
  • Lalu diaduk-aduk hingga benar-benar tercampur semua hingga merata.
  • Setelah itu tutup ember dengan plastik 12-15 hari agar mengalami proses fermentasi. Cara pembuatan pupuk kompos ini baiknya dilakukan diruang yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, agar tidak terpengaruh suhu udara yang panas.
  • Setiap 5 hari sekali lakukan pengontrolan secara rutin, serta larutan diaduk kembali supaya tidak mengalami pengendapan, setelah itu ditutup kembali.
  • Tanda-tanda pupuk kompos cair sudah jadi, yaitu pada saat aroma yang awalnya berbau busuk sudah berubah menjadi aroma ragi serta ditandai dengan munculnya buih-buih putih diatas larutan, itu menandakan bahwa pupuk  kompos cair sudah bisa digunakan.
  • Untuk memudahkan Anda mengunakan pupuk kompos cair tersebut Edi menyarankan, untuk memindahkan larutan kedalam botol-botol kecil, dengan cari disari kembali dan disimpan ditempat yang sejuk.
4.    Dosis dan Cara Pengunaan 
Aplikasi pengunaan pupuk kompos cair ini harus sesuai dengan takaran serta kebutuhan tanaman. Untuk merangsang pertumbuhan pada batang, akar, dan buah dosis yang digunakan yaitu : 10 cc larutan pupuk kompos cair dicampur dengan 1 liter air. Sedangkan untuk perakaran digunakan 30 cc berbanding 1 liter.

Metode cara pembuatan upuk kompos cair hasil kajian Edi ini, telah mengalami uji coba selama 1 musim. Dan fakta yang mengejutkan hasil panen yang diperolehnya meningkat cukup pesat, mencapai tiga kali lipat lebih tinggi disbanding biasanya. Hingga kini karya kreatif Edi Wahyudi sudah mulai disebar luaskan dan banyak dipraktekan oleh desa-desa binaannya. Selain itu,  “dengan cara membuat pupuk kompos cair sendiri biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih irit hanya Rp. 15rb/lt, dibandingkan dengan membeli pupuk sejenis  dari pabrik yang harganya dipasaran Rp 40rb – 80rb/liter”. Ungkap Edi

Pada dasarnya ide kreatifitas cara pembuatan pupuk kompos ini dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja serta dimana saja. Semua tergantung dari Anda yang memulainya. Itulah tips yang dapat kami bagikan untuk Anda mengenai cara pembuatan pupuk kompos cair. Silahkan bagikan dan aplikasikan jika bermanfaat untuk Anda.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive