Loading...

Tolong Di Pahami Dan Di Baca Untuk Menambah Pengetahuan''''Inilah Hukum Berwudhu di Kamar Mandi yang Ada WC-nya'''Tolong Sebarkan.

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Pada intinya tak ada lar4ngan berwudhu di kamar mandi. Tetapi sebagai permasalahan yaitu tentang dengan pembacaan basmalah sebelumnya berwudhu didalam kamar mandi yang ada WC-nya. Lantaran membaca basmalah disyariatkan sebelumnya lakukan segalanya yang penting (baik).

Rasulullah SAW bersabda, “Segala masalah penting yang tidak diawali dengan basmalah, jadi ia terputus. ” (HR Abu Daud). Rasulullah saw. juga bersabda, “Tidak ada wudhu untuk yg tidak menyebutkan nama Allah di dalamnya. ” (HR Abu Daud). Dari ke-2 hadis ini beberapa ulama berpandangan kalau membaca basmalah sebelumnya wudhu yaitu harus, sesaat beberapa lagi berpandangan kalau ia adalah sunnah.

Disamping itu dalam hadits lain, yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra. dijelaskan kalau Rasulullah SAW. apabila akan masuk ke tempat buang air (khala’) melepas cincinnya. (HR. Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’i serta Ibnu Majah). Rasulullah SAW melepas cincinnya lantaran kepadanya tercatat kalimat “Muhammadur Rasulullah”. Bila lafadz Allah saja tidak bisa dibawa kedalam toilet terlebih membacanya.

Berdasar pada dalil-dalil diatas, jadi untuk yang berasumsi bacaan basmalah sebagai sunnah, bisa tidak di baca bila berwudhu di kamar kecil, terlebih bila kamar kecilnya begitu kotor. Tetapi, untuk mereka yang berasumsi membaca basmalah yaitu harus hukumnya, jadi baiknya di baca dengan sirr (didalam hati), atau di baca sebelumnya masuk kamar mandi, atau bila kamar mandinya bersih bisa juga di baca dengan nada jahr (terdengar).

Lalu bagaimana dengan doa setelah wudhu? Baiknya di baca diluar kamar mandi. Jadi kesimpulannya, bisa berwudhu di kamar mandi dengan ketetapan seperti diatas.

demikianlah informasi ini mudah mudahan bermanfaat serta berguna silakan link serta share.
 (Sumber : http :// warungkopi. okezone. com)
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...