Loading...

Lidah Buaya, Manfaat serta kegunaan bagi kesehatan jangka panjang...!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Tanaman Lidah Buaya dikenal sebagai bahan obat tradisional dan kosmetika termasuk dalam bidang farmasi. Khasiat yang tersimpan dari lidah buaya untuk pembersih darah, penurun panas, obat wasir, batuk rejan dan mempercepat penyembuhan luka.

Sejumlah nutrisi yang bermanfaat terkandung di dalam lidah buaya, berupa bahan organik dan
anorganik, di antaranya vitamin, mineral, beberapa asam amino, serta enzim yang
diperlukan tubuh.


Pemanfaatan daun lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti inflamansi, antijamur, antibakteri dan regenerasi sel, untuk mengontrol tekanan darah, menstimuli kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung bagi penderita HIV. Penggunaannya dapat berupa gel dalam bentuk segar atau dalam bentuk bahan jadi seperti kapsul, jus, makanan dan minuman kesehatan.

Selama ini produk lidah buaya sebagian besar masih dijual dalam bentuk pelepah segadengan harga Rp. 800 ? 1.000/kg dan dalam bentuk olahan yang sangat sederhana dengan volume yang masih sangat rendah. Produksi lidah buaya segar tidak sebanding keperluan pasar, sehingga banyak lidah buaya yang tidak termanfaatkan. Hingga tahun 2003 baru sekitar 0,8% untuk ekspor dan 7% pasar lokal. Dengan perbandingan yang cukup besar antara pelepah lidah buaya dengan tepung yang dihasilkan (?200:1) maka diperkirakan akan dapat menampung lidah buaya di petani. Oleh karenanya untuk meningkatkan pendapatan petani, produk-produk yang dipasarkan dapat dimungkinkan dalam bentuk olahan. Pasar merupakan komponen terpenting dalam pengembangan suatu komoditas.

Tidak sedikit produk turunan yang dapat diolah dari lidah buaya, dari yang sederhana seperti juice, gel, koktail sampai yang memerlukan teknologi/alsin dan investasi yang tinggi, seperti tepung. Pola hidup dengan trend pada makanan kesehatan menyebabkan banyak orang mengkonsumsi makanan kesehatan dalam berbagai macam bentuk produk yang meliputi makanan, minuman instan, juice dan kapsul.


 Ketergantungan pada suplemen untukmeningkatkan ketahan tubuh, mencegah terhadap penyakit dan mengurangi penderitaanpenyakit tertentu menjadi kebiasaan masyarakat sekarang dengan mengkonsumsi makanan kesehatan. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat, suplemen,
kesehatan tubuh adalah lidah buaya.

Penulis dari BB Mektan

Puji Widodo dan Uning Budiharti (08/22/2006)a
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...