Loading...

Hati - Hati,, Ada Bahaya Mengintai Dibalik SOFTLENS MURAH .. Masih Mau Pakai ?? Simak Dampak & Cara Menghindarinya

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Hati - Hati,, Ada Bahaya Mengintai Dibalik SOFTLENS MURAH .. Masih Mau Pakai ?? Simak Dampak & Cara Menghindarinya

Ada banyak hal orang memilih untuk menggunakan softlens atau lensa kontak. Selain mereka yang ingin praktis tidak lagi menggunakan kacamata, softlens juga banyak digunakan untuk alasan fashion.
Hati - Hati,, Ada Bahaya Mengintai Dibalik SOFTLENS MURAH .. Masih Mau Pakai ?? Simak Dampak & Cara Menghindarinya

Berbagai warna yang disediakan untuk softlens mata minus maupun softles mata normal membuat softlens tidak hanya digunakan untuk alat bantu mata, tapi juga untuk pelengkap fashion. Peminat softlens-pun semakin meningkat karena orang bisa mendapatkan warna mata yang tidak dimilikinya hanya dengan menggunakan softlens.

Seiring banyaknya peminat softlens, maka penyebaran softlens mulai meluas bahkan softlens yang tadinya dipatok dengan harga mahal kini bisa didapatkan dengan harga yang murah saja. Harga softlens yang tadinya mencapai Rp. 500.000 – Rp. 900.000 ini kini bisa didapatkan dengan harga Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 saja.

Bahkan pada Rabu (10/06) malam kemarin, polisi telah menggerebek sebuah gudang penjualan softlens illegal. Penggerebekan yang dilakukan di Jl. Antara No. 43, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta ini berhasil mengamankan ratusan dus yang nilainya ditaksir hingga Rp. 10 miliar.

Penggunaan softlens sebenarnya sangat beresiko bagi kesehatan mata, karena penggunaannya yang mengalami kontak langsung dengan organ mata. Untuk menggunakannya, tangan kita harus benar-benar bersih agar tidak ada kotoran yang ikut masuk ke mata yang bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Belum lagi banyaknya softlen illegal yang dijual dengana harga murah, yang kita sendiri bahkan tidak tahu bahan dasarnya aman atau tidak untuk digunakan. Apalagi kita menggunakannya di organ yang cukup sensitif dan vital, yaitu mata.

Melengkapi penampilan dengan softlens boleh saja, namun sebagai konsumen kita harus berhati-hati dalam memilih dan membeli barang, jangan sampai tergiur dengan harga terlalu murah yang justru membahayakan.

Bahaya / Dampak Negatif Memakai Softlens
  • Iritasi dan mata merah, ini adalah bahaya softlens yang paling sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, agar tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama dan paling utama yang harus diingat adalah tanganmu harus steril ketika memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin kamu gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya.
  • Terlalu longgar atau terlalu ketat,  Softlens bisa menjadi terlalu longgar atau bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens. Maka dari itu sesuaikan dengan keadaan mata. Jika matamu memang sudah memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedangkan mata yang cenderung kering sebaiknya pilih softlens dengan kadar air tinggi.
  • Softlens koyak dalam mata,  Softlens bisa koyak di mata. Nah, ini cenderung sangat berbahaya. Bahaya softlens ini bisa terjadi karena kamu memakai softlens saat tidur. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Nah, ketika Anda mencubit softlens dalam keadaan kering seperti itu dapat mengakibatkan softlens koyak. Karena itu juga, memang ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya.
  • Infeksi kornea,  Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika kamu tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlens-mu ya. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan jika kamu berkekeuh untuk menggunakan softlens.


Cara Menggunakan Softlens Dengan Benar

Berikut saran supaya dampak negatif menggunakan softlens dapat diminimalisir :
  • Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak pakai.
  • Jika anda akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu.
  • Selalu lepas softlens anda ketika anda tidur.
  • Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.
  • Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung
  • Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali.
  • Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata anda.
  • Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.
  • Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.


Sumber  :  dailymoslem.com & permathic.blogspot.co.id
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...

Blog Archive