Loading...

Unik dan Kreatif!! Cara Membuat Air Pelangi Dalam Gelas, Share Ya

Sponsored Links
Loading...
Loading...

Membuat Air Pelangi Dalam Gelas



rainbow-in-the-glass
Masih ingat dengan lagu “Pelangi”? Sebuah lagu anak yang menggambarkan akan kebesaran Tuhan lewat sebuah karunia yang dia berikan kepada manusia. Karunia yang melambangkan akan indahnya kehidupan setelah mengalami situasi hidup yang kurang menyenangkan. Pelangi adalah karunia yang indah bagi siapapun yang melihatnya. Karunia itu adalah pemberian dari-Nya yang akan selalu mengingatkan kita akan kebesaran-nya yang tak dapat disangkal adanya. Warna pelangi adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
Kali ini Kak Zepe akan menuliskan sebuah tutorial tentang cara membuat warna pelangi di dalam sebuah gelas. Kreasi ini berupa percobaan sains yang sangat cocok dipraktekkkan dan diajarkan kepada anak-anak usia dini. Percobaan ini pernah dilakukan oleh Kak Sandra Amelia. Kak Sandra Amelia sendiri adalah seorang pendidik PAUD yang sedang belajar di sebuah Universtitas Terbuka. Bagaimana cara membuat kreasi ini?air-pelangi-di-dalam-botol-kak-zepe-percobaan-alam-4
Alat yang digunakan dalam melakukan percobaan ini adalah sebuah botol. Sedangkan bahan yang digunakan untuk melakukan percobaan ini adalah air dan gula. Untuk mewarnai air yang akan digunakan dalam percobaan, Anda bisa menggunakan pewarna makanan. Agar tidak terlalu rumit, kita bisa memilih 4 warna pelangi saja, yaitu warna merah, kuing, hijau, dan ungu. Bagaiman proses melakukan percobaan ini?
  1. Isi 4 gelas air dengan 4 warna yang berbeda, yaitu merah, kuning, hijau, ungu dengan volume yang sama.
  2. Siapakn satu buah gelas besar.
  3. Isi air yang berwarna merah dengan 5 sendok makan gula.
  4. Isi air yang berwarna kuning dengan 4 sendok makan gula.
  5. Isi air yang berwarna hijau dengan 3 sendok makan gula.
  6. Isi air yang berwarna ungu 2 sendok makan gula.
  7. Masukkan air berwarna di atas secara berurutan dan pelan-pelan ke dalam gelas besar, yaitu air berwarna merah, kuning, hijau, dan yang terakhir adalah warna ungu.
  8. Maka akan tampak bahwa air akan terpisah satu sama lain (tidak terjadi percampuran warna).
Landasan teori: Gula yang larut dalam air menambah berat jenis air. Makin banyak gulanya maka makin berat airnya. Karena itu, ketiga lapisan tersebut terpisah karena memang berat jenisnya berbeda.
Selamat mencoba dan mengajarkan kepada anak-anak didik Anda ya…
Sumber inspirasi: FORUM TK DAN PAUD
Sumber gambar: Devianart.com dan www.duniabelajaranak.id
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...

Blog Archive