Sering Sariawan? Yuk Coba Atasi dengan Cara Alami ini! Bagikan kepada Temanmu...

Sponsored Links
.
Masalah mulut bisa bermacam-macam, bukan hanya bau mulut saja, namun sariawan juga bisa mengganggu aktivitas, terutama saat makan. Sariawan merupakan suatu masalah mulut yang menyebabkan timbulnya bercak putih kekuningan yang perih atau sakit ketika bersentuhan dengan benda lain. Banyak orang yang mengalaminya, dan penyakit ini termasuk yang cukup mengganggu.


Nah, untuk mengatasi masalah sariawan ini, seperti dikutip dari boldsky,com, ada banyak cara yang bisa dilakukan menggunakan bahan alami, sepuluh di antaranya adalah

1. Yogurt

Produk olahan yogurt dengan bakteri probiotik ini akan membantu melawan infeksi pada dinding rongga mulut yang terkena sariawan. Yogurt memiliki sifat antiseptik alami dan meringankan infeksi. Makan dan oles pada luka sariawan. Meski pedih, namun bisa mempercepat penyembuhan.

2. Berkumur air garam

Air garam yang bersifat antiseptik membantu memb*nuh bakteri yang ada di dalam mulut dan mempercepat penyembuhan sariawan. Air garam juga efektif meredakan nyeri dan infeksi pada mulut.

3. Bawang putih dan bawang merah

Dua bawang ini sangat baik dalam hal antiseptik, anti bakteri, dan anti radang. Anda bisa langsung memakannya atau mengoleskan bawang putih atau bawang merah langsung pada sariawan. Pedih memang, namun ini akan mempercepat penyembuhan.

4. Minyak jarak

Minyak jarang mengandung anti kuman yang baik dan bisa menyembuhkan infeksi. Tuang 2 sendok makan dan campur dengan air atau susu lalu bisa dibuat kumur atau diminum langsung. Dioles ke sariawan langsung juga bisa.

5. Susu

Susu membantu meredakan nyeri dan menutrisi dari dalam. Zat besi yang ada di dalam susu membantu menyembuhkan sariawan secara alami. Bukan hanya itu, susu juga sangat baik sebagai anti-inflamasi.

6. Perbanyak makanan kaya Zat Besi

Makan banyak bayam, kacang-kacangan, telur, produk olahan susu dan daging ikan. Kurangnya zat besi bisa jadi masalah timbulnya sariawan. Perhatikan makanan Anda dan hindari makanan yang digoreng.

7. Perbanyak minum air

Air akan membantu mengeluarkan racun dan zat sisa di dalam tubuh. Minum air juga membantu menyembuhkan infeksi sariawan pada rongga mulut dan menjaga tubuh dari dehidrasi.

8. Perbanyak asupan vitamin C

Makan buah-buahan seperti jeruk, lemon, kiwi, strawberry, nanas, jambu dan lain sebagainya yang mengandung banyak vitamin C agar cepat sembuh dari sariawan. Sudah umum diketahui bahwa saat Anda mengalami sariawan, berarti Anda kurang vitamin C.

9. Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman obat yang serba bisa, tidak terkecuali mengobati sariawan. Sifatnya yang antibakteri dan memb*nuh penyakit sangat baik dioleskan pada sariawan. Bisa juga dibuat jamu dengan mencampur dengan madu dan diminum setiap hari.

10. Minyak kelapa atau minyak kayu putih

Minyak VCO juga sangat baik meredakan nyeri sariawan sekaligus menutrisi dinding rongga mulut. Sedangkan minyak kayu putih, memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa mempercepat penyembuhan sariawan.

Ternyata banyak sekali ya tumbuh2an yang berguna sebagai pencegahan dan mengobati sariawan semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive