Rejeki Selalu Seret? Amalkan 4 Hal Ini di Pagi Hari

Sponsored Links
.
Dalam agama islam, segala perbuatan yang dilakukan untuk meraih pahala bisa dikatakan sebuah ibadah. Tentunya perbuatan tersebut haruslah berlandaskan niat yang ikhlas dan juga ada contohnya dari Rasulullah SAW.

Ada banyak amal ibadah yang mempunyai keistimewaan, bahkan bisa mengundang datangnya rezeki. Sebagian amal-amal itu bisa saja dilaksanakan di berbagai waktu, ada pula yang hanya bisa dilaksanakan di pagi hari. Apa saja? Berikut ini adalah empat amalan pagi pengundang rezeki.

1. Melaksanakan Sholat Tahajud

Amalan pertama yang bisa dilakukan untuk mengundang rezeki adalah dengan melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud bisa dilakukan saat tengah malam ataupun seperti malam yang terakhir. Namun waktu yang paling utama adalah dengan melakukan shalat tahajud pada sepertiga malam yang terakhir dan shalat tersebut menjadi sarana untuk bisa bangun tidur lebih awal.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda “Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan ‘malam masih panjang, tidurlah !’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan, kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. Selanjutnya jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas” (HR Bukhari)

Makna dari hadist tersebut adalah dengan kata lain bahwa jika kita bangun dan melaksanakan shalat tahajud, maka akan berpengaruh pada peningkatan motivasi kerja.

2. Doa Di Pagi Hari

Selain dari melaksanakan shalat tahajud, waktu di sepertiga malam yang terakhir bisa digunakan untuk berdoa kepada Allah SWT pemilik rezeki. Doa yang dipanjatkan pada sepertiga malam merupakan salah satu waktu mustajab yang akan lebih didengar oleh Allah SWT.

Jadikanlah doa dan shalat tahajud sebagai suatu paket lengkap dimana diawal bangun melaksanakan shalat dan diakhirnya memanjatkan doa. Berdoalah yang baik dan berharap kepada Allah semata seperti meminta ampunan, memohon kebaikan akhirat dan kebaikan dunia seperti meminta rezeki.

Rasulullah SAW bersabda “Rabb kita Tabaraka Wa Taala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepadaKu, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun kepadaKu, pasti akan aku ampuni’” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Sedekah Pagi Hari

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bersedekah memiliki banyak keutamaan terutama jika dilakukan dengan penuh keikhlasan. Sedekah sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu apapun, namun akan lebih baik jika dilakukan pada pagi hari. Ini karena setiap malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah pada pagi hari kebaikan dan orang mendoakan orang yang pelit pada keburukan.

“Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa “Ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfaq” Sedangkan malaikat yang satunya berdoa “Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq” (HR Bukhari dan Muslim)


Doa manusia kadang kala terhalang oleh banyaknya dosa yang ada dalam diri. Namun bagaimana apabila malaikat yang mendoakan kita? Sudah diketahui bahwa malaikat merupakan makhluk yang Allah ciptakan tanpa pernah memiliki dosa dan bermaksiat kepada Allah. Dengan demikian besar kemungkinan bahwa doa yang mereka panjatkan akan dikabul oleh Allah. Oleh karena itu cobalah lakukan bersedekah pada pagi hari agar rezeki yang diharapkan dapat dengan cepat menghampiri.

Amalan yang satu ini sudah dicontohkan pula oleh para sahabat Rasulullah, terutama Abu Bakar Ash Shidiq. Rasul pernah bertanya tentang siapa yang telah mengerjakan shalat tahajud dan bersedekah pada pagi hari. Abu Bakar pun terus mengacungkan tangan sebagai bukti bahwa ia melakukan semua amalan tersebut.

4. Melaksanakan Shalat Dhuha

Amalan yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin yang terakhir adalah melaksanakan shalat dhuha. Waktu untuk melaksanakan shalat tersebut adalah sejak matahari setinggi tombak hingga menjelang matahari ke atas kepala atau sebelum sekitar 15 menit sebelum waktu dzuhur.

Shalat ini pun bisa dilakukan dengan dua rakaat hingga delapan rakaat. Bahkan sebagian keterangan menyebutkan hingga 12 rakaat. Apa istimewanya shalat dhuha tersebut? Sebuah hadist Rasulullah SAW memberitahukan bahwa dengan kita melakukan shalat dhuha dua rakaat, maka setara dengan bersedekah 360 kali yang merupakan hak dari persendian yang kita miliki. Sedangkan apabila kita melaksanakan shalat dhuha empat rakaat maka Allah akan menjamin atas rezeki kita.

“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya” Para sahabat bertanya “Siapa yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab “Engkau membersihkan dahak yang ada dalam Masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu) maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu (HR Abu Dawud)

Allah Azza Wa Jalla berfirman “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu (HR Ahmad)

Demikianlah empat amalan di pagi hari yang bisa mengundang rezeki. Sebenarnya tak hanya empat amalan itu saja yang bisa dilakukan, namun tentunya ada juga amalan pengundang rezeki lainnya yang bisa dilakukan kapan saja.

Sebagai muslim yang taat, kita diperintahkan untuk melakukan itu semua, selain untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup, amalan tersebut juga telah disarankan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.[[muslimterkini]]



CAR,HOME DESIGN,HEALTH, LIFEINSURANCE,TAXES,INVESTING,BONDS,ONLINETRADING

Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive