Loading...

Bunga dan Daun Sawo Sangat Ampuh Mengatasi Disentri, Radang Mulut dan Diare

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Sawo berasal dari Amerika Tengah serta Meksiko. Di Indonesia, sawo biasanya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk di nikmati buahnya, terlebih di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Nusa Tenggara Barat.

Biji sawo berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman. Bentuknya pipih serta besar. Biji sawo mengandung saponin, kuersetin, serta minyak sebanyak 23 %. Biji sawo sebaiknya tak dikonsumsi karena kandungan asam hidrosianik yang cukup tinggi bisa menjadi racun. Sementara itu, bunga sawo adalah bahan utama pembuatan parem, yakni bubuk obat tradisional yang digosokkan pada seluruh tubuh pada ibu yang baru melahirkan.




Rasa buah sawo yang manis itu, membuat buah itu banyak penggemarnya. Rasa buah yang manis disebabkan kandungan gula dalam daging buah dengan kadar 16-20 %. Tidak hanya gula, dalam daging buah sawo terdapat pula lemak, protein, vitamin A, B, serta C, mineral besi, kalsium, dan fosfor.

Sawo yang siap dikonsumsi yaitu sawo matang. Buah mentah tak enak dikonsumsi karena keras. Rasanya pahit serta kelat dikarenakan tingginya kandungan tanin serta kaustik. Sawo yang berkualitas baik yaitu sawo yang empuk serta berwarna coklat tua.

Permasalahan bentuk serta besarnya tak jadi masalah, yang terpenting kulitnya harus mulus. Janganlah memilih sawo yang ada luka, goresan, atau lubang sekecil apapun. Selain itu, janganlah memilih sawo yang mempunyai sisa getah dibagian kulit. Sawo yang kulitnya cacat mempunyai daging bagian bawah yang rusak atau keras.

Buah yang sudah matang bisa disimpan pada suhu rendah untuk memperpanjang usia simpannya. Buah matang yang disimpan pada suhu 0 derajat celsius bisa bertahan 12-13 hari. Buah yang masih mentah apabila disimpan pada suhu 15 derajat celsius bisa bertahan dalam kondisi baik selama 17 hari. Buah sawo mentah yang disimpan pada suhu lebih rendah lebih dari 10 hari tidak akan matang dengan cara normal.

Untuk m3r4ngs4ng agar cepat matang, sawo perlu diperam, setelah dicuci untuk menyingkirkan bagian kulitnya yang mati. Ada beberapa cara pemeraman. Buah diletakkan dalam wadah yang tertutup (umpamanya dalam peti atau karung) selama beberapa hari. Tetapi, cara pemeraman demikian akan menjadikan buah matang tak dalam waktu bersamaan. Guna memperoleh sawo yang matang serentak, buah dimasukkan ke dalam tempat yang tertutup rapat, lalu di beri karbit atau diasapi.

Buah sawo sangatlah rawan tercemar mikroba karena kandungan air serta zat gizinya yang tinggi. Geotrichum candidum, Cladosporum oxysporium, serta Penicillium italicum yaitu contoh mikroba yang sering ada pada buah sawo.

Kandungan gizi buah sawo.
Buah sawo mempunyai kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya, 193 mg/100 g. Sawo juga mempunyai kadar natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium serta natrium yang mencapai 16 : 1 menjadikan sawo sangatlah baik untuk jantung serta pembuluh darah. Selain kaya akan kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral utama yang lain.

Kandungan mineral per 100 gr buah sawo :
kalsium ……….. 21 mg
magnesium ……12 mg
fosfor ……….... 12 mg
selenium ………0, 6 mg

seng ………...... 0, 1 mg
tembaga ………0, 09 mg
vitamin C ……... 14, 7 mg

Mengkonsumsi 100 gr sawo bisa memenuhi 24, 5 % kebutuhan tubuh akan vitamin C sehari-hari. Vitamin C bisa bereaksi dengan beragam mineral didalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangatlah berbahaya untuk kesehatan.

Vitamin lain yang terdapat dalam buah sawo yaitu riboflavin, niasin, B6, serta vitamin A. Walau bisa digunakan sebagai sumber vitamin serta mineral, sawo sebaiknya tak diberikan pada bayi karena getahnya di kuatirkan akan mengganggu saluran pencernaan. Buah sawo juga mengandung banyak gula hingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Tetapi, buah sawo tak disarankan untuk penderita diabetes melitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Buah Sawo atau Saos ternyata baik juga untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah. Tidak hanya itu, sawo ternyata juga dapat mengobati beberapa penyakit. Ingin tahu manfaat lain dari buah sawo? Buah ini manjur mengatasi sembelit serta diare.

Kandungan serat didalam sawo juga cukup tinggi hingga sangatlah baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit serta diare. Gula sederhana didalam sawo dapat memulihkan energi secara cepat. Sawo juga dapat minimalkan resiko kanker pencernaan, karena buah ini mempunyai kemampuan mengikat karsinogen didalam saluran pencernaan.

Manfaat buah, daun serta biji Sawo

Menyembuhkan serta Mengatasi Diare :
-Ambil 1 buah sawo muda, cuci hingga bersih.
-Sawo diparut, lalu diperas serta disaring.
-Bila perlu, tambahkan sedikit air matang.
-Silakan minum 2 kali sehari.

Atau :
-Bisa juga menggunakan daun sawo.
-Sediakan 1 mangkuk daun, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 15 menit.
-Air rebusan diminum 3 kali sehari.

Menyembuhkan serta Meringankan Penyakit Radang Mulut :
-Ambil 1 mangkuk daun sawo,
-Cincang dalam 2 gelas air bersih selama 10 menit.
-Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

Mengatasi serta Menyembuhkan Penyakit Disentri :
-Ambil 8 buah sawo muda,
-Cuci bersih.
-Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya.
-Sedikit untuk sedikit ditelan, lalu minum air hangat.
-Lakukan 2 kali sehari sampai pulih.

Manfaat daun :
Bagian daun digunakan untuk menyembuhkan demam, dan obat luka serta borok. Daun Sawo bermanfaat sebagai anti inflamasi. Ambillah daun sawo, cuci bersih, rebus selama 10 menit serta gunakan airnya untuk berkumur atau diminum.

Daun Sawo mempunyai senyawa flavonoida serta saponin yang dapat mneyerap kelebihan air dalam tubuh saat diare. Caranya ambillah beberapa lembar daun sawo, remas-remas serta masukkan dalam gelas air panas selama 15 menit. Minum ramuan itu 3 x sehari untuk obat diare.

Manfaat bunga :
Bagian bunga mengandung ramuan rempah untuk wanita yang melahirkan.

Manfaat kulit :
Diperlukan sebagai obat diare serta demam.

Manfaat Biji Sawo :
Untuk melembabkan serta melembutkan rambut yaitu dengan mengambil minyak yang diekstrak dari biji sawo.


Semoga bermanfaat dan silahkan DIBAGIKAN..
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...