Loading...

INILAH TIPS AMPUH MENGIRIS BAWANG MERAH TANPA PERIH DI MATA...!!!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Seringkali mata terasa perih waktu kita memotong bawang. Inilah argumen mengapa orang malas mengiris bawang, terutama apabila bawang yang diiris dalam jumlah cukup banyak. Tetapi, memotong bawang tak terus-terusan mesti disertai dengan keluarnya air mata.

Bawang mempunyai kandungan zat sulfur yang waktu dipotong bakal bereaksi dengan satu enzim hingga membuahkan asam sulfenat. Asam sulfenat berbentuk tak stabil, hingga dengan cepat bakal beralih jadi senyawa lain yang lebih stabil, yakni propanetiol S-oksida yang gampang menguap. Senyawa yang menguap itu lalu berhubungan dengan mata kita serta membuat asam sulfur.

Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, hingga mata kita bakal terasa perih serta jadi kemerahan. Juga sebagai perlindungan pada mata, maka mata bakal menghasilkan air mata untuk membantu mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata ini.

Cara Memotong Bawang Tanpa Mengakibatkan Mata Jadi Perih serta Keluar Air Mata
Ada tips serta langkah yang dapat dikerjakan supaya mata tak merasa perih waktu memotong bawang. Lantaran ada langkah memotong bawang tanpa ada mesti keluar air mata yang mengganggu. Berikut beberapa diantaranya seperti yang diambil dari laman WikiHow :

Dinginkan bawang dalam freezer

Mendinginkan bawang merah atau bawang bombai dalam freezer saat sebelum dipotong dapat mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan. Anda cuma perlu meletakkan bawang didalam freezer selama 10-15 menit. Sesudahnya baru anda dapat mulai memotong bawang. Anda tak perlu cemas dengan langkah tersebut, lantaran langkah tersebut tidak akan merubah rasa serta kwalitas bawang yang anda pakai. Tetapi yang perlu anda cermati yaitu saat penyimpanannya, bila terlampau lama maka di kuatirkan almari es anda bakal berbau kurang enak.

Potong bawang didalam air

Anda dapat memotong bawang didalam air untuk menyingkirkan zat yang membuahkan dampak perih. Langkah tersebut dianggap efisien walau sedikit susah dikerjakan. Apabila anda mau memotong bawang dengan langkah tersebut, jadi upayakan untuk berlatih terlebih dulu supaya tak membahayakan. Bawang yang dipotong juga harusnya tak yang terlampau tipis.

Potong bawang di dekat uap air

Anda dapat juga memakai uap panas untuk kurangi zat yang bikin mata perih serta berair. Uap panas itu dapat diperoleh dari ketel air atau panci diisi air yang dipanaskan terlebih dulu. Langkah kerja uap panas itu yaitu membawa pergi zat perih pada bawang hingga dapat menyingkir dari mata anda.

Pakai pisau tajam untuk memotong bawang

Enzim pemicu perihnya mata bakal dilepaskan waktu sel bawang alami rusaknya atau hancur, hal tersebut sudah pasti disebabkan terpotongnya sisi bawang. Untuk kurangi rusaknya enzim yang berlebihan, jadi waktu memotong bawang upayakan memakai pisau yang tajam. Pisau tajam memanglah memotong bawang, tetapi tak menghancurkan hingga zat pada bawang tak terlampau banyak keluar. Selain itu pisau tajam juga membuat pekerjaan anda lebih cepat selesai.

Nyalakan lilin waktu memotong bawang

Anda dapat menyalakan serta menempatkan lilin di dekat talenan atau menyalakan kompor gas apabila anda tak mempunyai lilin. Potong bawang dekat dengan api, namun ingat jaraknya jangan sampai menyebabkan bahaya kebakaran. Panas bakal menarik senyawa belerang menjauh dari mata anda.

Pakai kipas angin

Anda dapat memakai kipas angin untuk menjauh uap bawang dari muka anda saat memotongnya.

Itulah cara-cara memotong bawang tanpa harus merasakan perih serta keluarkan air mata. 

Selamat mencoba semoga bermanfaat - klik LIKE, tulis Komen dan SHARE tanpa izin.

Baca juga : Resep-dan-cara-membuat-pindang-ikan.

CAR,HOME DESIGN,HEALTH
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...