Menciptakan Peluang kerja kini tidak lagi sulit, berangkat dari hal hal yang sederhana berikut ini..!!

Sponsored Links
.


Bagi sebagian karyawan memulai berbisnis masih sulit membagi waktu dan terkendala ide...akan tetapi jaman sudah semangkin canggih, sehingga usaha hanya tinggal berangkat dari hal sederhana Sebagai karyawan, Anda mungkin saja memiliki hobi. Tentunya, menjadi hal yang menyenangkan saat hobi tersebut menghasilkan uang atau bahkan bisa menjadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Bukan sekadar pengisi waktu senggang atau keluar sejenak dari rutinitas kantor.


Percaya atau tidak, di zaman yang serba online seperti sekarang ini, menekuni bisnis berbasis hobi Anda bukanlah hal yang mustahil, meskipun sekarang ini Anda seorang karyawan.

Pertanyaannya, hobi apa yang dapat Anda kembangkan menjadi sebuah bisnis? Jawabannya sangat menggembirakan karena semua hobi pada dasarnya menawarkan sebuah peluang untuk menghasilkan uang tambahan.

Jika Anda masih bingung, berikut 9 peluang usaha yang menjanjikan dari menekuni hobi (bisa jadi salah satunya adalah hobi Anda).

1. Menjual foto hasil jepretan sendiri

Anda suka memotret dan mengedit foto hasil jepretan sendiri? Hobi yang masuk dalam kategori fotografi ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Yang Anda perlukan adalah kamera kesayangan Anda dan obyek menarik yang memiliki value tinggi untuk didokumentasikan.

Jika Anda tekun menggeluti hobi ini, tentu Anda memiliki puluhan bahkan ratusan foto hasil jepretan sendiri yang semakin hari semakin berkualitas. Foto-foto tersebut dapat Anda pasarkan baik secara online maupun offline.

Menurut Autographer.com, ada banyak situs online bersedia menjual foto Anda. Beberapa diantaranya adalah iStock Photo, Shutterstock, 123rf, Getty Images, Dreamstime dan Fotolia.

Anda harus mendaftar terlebih dahulu kemudian mengunggah foto-foto hasil jepretan Anda. Apabila ada yang membeli foto Anda, uang royalti hingga 60-85% dapat Anda miliki, sesuai kesepakatan di awal pendaftaran.

2. Membuka warung makan atau jasa katering

Makanan adalah salah satu kebutuhan primer kita. Apabila Anda menguasai keterampilan memasak, peluang usaha satu ini sayang jika dilewatkan. Anda dapat berkreasi dengan bumbu dan cita rasa dengan membuka sebuah warung makan atau jasa katering.

Tentu Anda memerlukan sejumlah modal untuk mewujudkan bisnis ini, terutama untuk membeli bahan masakan dan biaya sewa tempat untuk membuka warung. Apabila Anda memutuskan untuk membuka jasa katering, Anda juga harus melakukan perhitungan untuk biaya ongkos kirim makanan.

Lakukan riset pasar sehingga Anda dapat memutuskan makanan dan harga jual yang sesuai dengan daya beli konsumen. Buatlah rencana bisnis yang matang sehingga hobi ini jadi menyenangkan sekaligus menguntungkan Anda.

3. Menjadi penulis artikel lepas

Apakah Anda suka menarikan jari-jari Anda di atas keyboard dan menghasilkan sebuah tulisan? Jika iya, Anda sebaiknya menekuni hobi ini dengan sungguh-sungguh yang dapat menciptakan sebuah peluang usaha untuk diri Anda.

Dengan hobi menulis, Anda dapat menjadi seorang penulis artikel lepas atau freelance writer. Setelah selesai menulis sebuah artikel, kirimkan tulisan Anda ke media online atau offline, yang sesuai dengan tema tulisan Anda. Jika tulisan Anda dimuat, Anda akan mendapat sejumlah uang sebagai honorarium.

Selain itu, Anda dapat menawarkan jasa menulis artikel kepada perusahaan atau blogger lain. Bergabunglah di komunitas penulis lepas untuk mendapatkan informasi tentang jasa penulisan artikel. Selain itu, keterampilan berkomunikasi juga sangat diperlukan agar Anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan klien.

4. Membuka salon kecantikan

Merawat diri adalah hal yang penting, terutama untuk perempuan. Jika Anda memiliki ketertarikan di bidang perawatan diri dan kecantikan, Anda perlu mencoba peluang usaha membuka salon kecantikan.

Tentu Anda perlu mempersiapkan keterampilan yang terlatih sehingga pelanggan pertama Anda merasa puas dengan pelayanan Anda. Jika satu pelanggan sangat puas maka ia dengan senang hati akan merekomendasikan salon Anda kepada orang lain dan menjadi word of mouth (WOM) marketing, yang tentu saja gratis dan efektif.

Selain itu, Anda perlu melakukan observasi dan riset sederhana tentang daya beli dan kepedulian masyarakat sekitar terhadap perawatan diri mereka. Anda juga dapat melakukan edukasi pasar sehingga memberikan nilai tambah kepada masyarakat sekitar.

5. Membuka tempat les

Pendidikan saat ini tidak cukup hanya sekolah saja. Banyak orang tua yang ingin anaknya lebih pintar dan tetap belajar sepulang sekolah. Jika Anda memiliki waktu luang pada sore hari dan memiliki kegemaran mengajar orang lain, Anda dapat mengambil peluang ini.

Apalagi jika Anda memiliki keterampilan Bahasa Inggris, Anda dapat mengajar bule untuk menguasai bahasa tertentu dengan bayaran yang lumayan tinggi. Lihat dan perhatikan siapa yang akan menjadi murid-murid Anda nanti. Mempersiapkan materi belajar dan metode mengajar yang kreatif dan inovatif juga perlu dilakukan sebelum Anda membuka tempat les atau kursus.


6. Menjadi editor video lepas

Jika Anda tidak suka menulis tapi lebih cenderung pada pekerjaan menyunting (edit) video, Anda dapat menambah penghasilan dengan menjadi seorang editor video lepas. Keterampilan meng-edit video ini dapat Anda tawarkan kepada perusahaan-perusahaan nasional atau internasional tanpa harus menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.

Ingat, Anda adalah seorang freelancer yang tidak terikat sepenuhnya kepada aturan perusahaan kecuali yang tertulis dalam surat perjanjian bersama. Semakin cepat Anda menyelesaikan proyek editing video yang disepakati, semakin cepat Anda memperoleh penghasilan.

Di jaman digital ini, pekerjaan editing video sangat menjanjikan. Latihkan keterampilan Anda sehingga Anda semakin mahir dan semakin percaya diri dengan kemampuan Anda. Dengan kemampuan yang profesional tentu Anda mampu mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

7. Membuat kerajinan tangan

Apakah Anda termasuk orang yang kreatif dalam menciptakan karya-karya yang indah buah tangan Anda? Hobi ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Yang perlu Anda lakukan adalah memasarkannya. Ada banyak situs online yang dapat memfasilitasi pemasaran produk Anda seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX dan lain sebagainya.

Jika Anda belum siap memasarkannya secara online di situs-situs belanja nasional, Anda dapat membuat Facebook fanpage atau membuat katalog di akun media sosial Anda seperti Instagram atau Path. Peran media sosial saat ini sangat ampuh untuk memasarkan produk.

Pastikan produk Anda unik dan berkualitas. Jika Anda menjual kerajinan tangan yang telah lumrah dan banyak di pasaran, tentu jarang ada orang yang akan berminat membeli hasil karya Anda.

8. Menjadi penerjemah online

Hobi lainnya yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan adalah dengan menjadi penerjemah online. Apabila Anda suka mempelajari bahasa baru dan memiliki keterampilan bahasa asing lainnya yang mumpuni, Anda dapat memulai bisnis online ini.

Anda dapat mencari lowongan menjadi penerjemah online di situs-situs pencari kerja baik nasional maupun internasional. Aktivitas ini semakin mengasyikkan jika Anda memiliki keterampilan bahasa asing yang jarang orang kuasai seperti Bahasa Turki, Rusia, Swedia, atau Portugis. Mengapa? Karena peluang Anda mendapatkan banyak job lebih besar.

Semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, semakin banyak lowongan penerjemahan online yang dapat Anda ambil. Proyek yang banyak akan mengantarkan Anda pada peningkatan keterampilan menjadi lebih profesional dengan bayaran yang menggiurkan.

9. Menjual tanaman hias

Kegemaran berkebun dan merawat tanaman hias juga bisa menjadi peluang bisnis rumahan untuk Anda. Tanaman hias yang telah Anda pelihara dengan baik dapat Anda tata semenarik mungkin sehingga konsumen berminat untuk membeli tanaman tersebut.

Selain itu, Anda dapat memperluas bidang usaha ini dengan penjualan bibit, penjualan pupuk, obat-obatan dan hal lain yang berhubungan dengan tanaman hias. Jika Anda menjual bahan dan barang lengkap, konsumen akan semakin puas karena tidak perlu pergi ke tempat atau toko lain.

Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang luas seputar tanaman hias, asal-usul dan tips terbaik merawat tanaman. Pengetahuan ini akan sangat bermanfaat saat Anda berkomunikasi dengan calon pembeli serta dapat meningkatkan kepercayaan (trust) pembeli.

Menjadikan hobi sebagai peluang usaha membuat Anda semakin bersemangat karena pekerjaan tersebut adalah passion Anda. Namun tetap ada tantangan yang harus Anda taklukan karena dalam setiap bisnis pasti ada hal yang kurang Anda sukai seperti pemasaran, berkomunikasi dengan pelanggan, dan pekerjaan lain terkait dengan bisnis. Jika Anda bersungguh-sungguh, tentu hobi Anda dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan di luar gaji Anda sebagai karyawan.

Sumber  : Dunia Karyawan, Google

Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive