Loading...

WASPADA..!! JANGAN SAMPAI ANDA JADI KORBAN SELANJUTNYA. SUDAH BANYAK BEREDAR DI PASARAN AIR MINERAL KEMASAN PALSU BERIKUT CIRI-CIRI DAN CARA MEMBEDAKANNYA!!!

Sponsored Links
Loading...
Loading...


Masyarakat harus waspada. Sekarang ini beredar air mineral kemasan dalam botol banyak yg palsu. Botolnya asli, tapi isinya air isi ulang. Sangat bahaya untuk kesehatan. Air kemasan dalam botol ini beredar luas di Jakarta. Para pedagang nakal ini memakai botol seken di jalanan. Caranya botol dicuci bersih kemudian diisi air mentah.

Salah satu korban air mineral mentah adalah SA (13). Korban harus menjalani perawatan di hunian sakit dikarenakan menderita diare akut. Penyebabnya merupakan air mineral kemasan palsu yg dia minum. Air mineral itu dibeli di terminal Kampung Rambutan dua hri sebelum akhirnya SA masuk rumah sakit. Orangtua SA menduga bahwa air minum kemasan botol yg diminum SA tak higienis & kemungkinan air mineral tersebut palsu.


Kata dokter ia diare gara-gara air minum yg kumuh. Tempo Hari saat di Kampung Rambutan aku belikan dia Aq*** botol terus diare & muntah-muntah, kata orang tua SA, Jumat (6/3) dulu.

Pengurus Harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Eliyani menyarankan agar masyarakat lebih waspada dalam membeli air minum kemasan. Hasil penelitian YLKI menunjukkan tidak sedikit beredar air minum kemasan tak memenuhi standar air minum. Sampel dari beberapa air minum kemasan yg diuji laboratorium menunjukkan adanya kandungan zat-zat berbahaya.

Agak sulit memang mengidentifikasi air minum kemasan yg memenuhi standar. Sebaiknya masyarakat membeli di tempat yang aman. Di tempat terbuka air minum sangat mudah terkontaminasi. Ada pula yg palsu. Itu sangat dikhawatirkan karena berbahaya bagi konsumen, kata Eliyani.

Air-air mineral kemasan palsu beredar di tempat-tempat ramai & terbuka. Biasanya mereka menjual melalui pedagang asongan & ada pun yg dititipkan di warung-warung. Para pedagang nakal ini menggunakan botol-botol kemasan bekas setelah itu diisi air dari sumbernya tidak jelas.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang pun mengakui kerap ada orang yg membeli botol-botol plastik bekas untuk dijadikan kemasan baru. “Kita jual botol bekas utk daur ulang. Tapi ada pula yang kadang beli untuk diisi air lagi terus dijual. Nggak banyak paling beli 5 karung sekitar 20 kiloan. Satu kilo kita menjual Rp 5 ribu,” kata penampung botol bekas yg tak mau disebutkan namanya.

Botol-botol bekas tersebut dibersihkan & bisa benar-benar nampak seperti baru. Utk sumber air mereka menggunakan air-air dari sumur, sungai, bahkan ada memanfaatkan air got. Air-air tersebut seterusnya dimasukkan ke dalam botol plastik bekas yg mereka beli tanpa melalui proses strerilisasi. Para bakul curang ini menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya biar air sanggup nampak jernih & bersih. Kabar dari penampung botol bekas di bilangan Ciputat menyebut jika air mineral palsu dapat kelihatan bening bersama mencampurkan borak & tawas.

Air sumur saja telah bahaya kalau enggak dimasak. Apalagi pakai air kali & air comberan. Itu air bisa kelihatan bersih kalau dicampur borak sama tawas. Parah dah,” kata penampung botol second yg mengaku cuma jual botol-botolnya utk kepentingan daur ulang.

Kemiripan Terkecil: 60%Bahayanya air mineral palsu bukan hanya dari air di dalamnya. Tapi juga dari botol plastik bekas yang digunakan. Botol plastik air mineral hanya baik digunakan untuk sekali pakai. Apalagi botol plastik yang menggunakan bahan jenis PET atau PETE. Bahan jenis ini jika digunakan berulang kali akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh.

Jika meleleh, polimer akan mengeluarkan zat karsigonik yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker. Antimoni trioksida yang terdapat di dalam polimer akan masuk melalu saluran pernafasan dan bisa mengakibatkan iritasi kulit serta gangguan pernapasan. Bagi wanita akan mengakibatkan masalah menstruasi serta gangguan rahim dan buah hati yang dilahirkan.

Beberapa modus yang dilakukan para penjual air mineral palsu, diantaranya:

Menggunakan air botol plastik bekas
Air mineral diambil dari sumber yang tidak jelas, misalnya sumur, sungai, dll.
Bisa mendapatkan segel dan tutup botol baru
Dijual di warung, pedagang asongan, dan tempat-tempat terbuka
Dan masih banyak lagi.
Yang terpenting, bagaimana cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu?

Hindari air mineral yang berwarna keruh, kocok terlebih dahulu air mineral yang akan diminum. Kalau setelah dikocok menjadi keruh, maka sebaiknya airnya tidak usah diminum.
Bau air mineral asli dan palsu juga berbeda, air mineral asli tidak akan berbau, tapi air mineral palsu akan menimbulkan bau yang tidak biasa. Tapi repot juga ya kalau sedang pilek.
Kalau hidung anda sedang terganggu bisa mencoba cara lain yaitu mencoba rasanya, air mineral palsu akan berasa lebih kesat.
Perhatikan kemasannya, tapi ini agak sulit juga karena penjual mampu menyulap kemasan menjadi tampak baru.
Tips di atas memang kurang menjamin sih, karena terkadang tidak semua indikasi itu kita temukan. Lantas, bagaimana dong?

Jika memang Anda ingin membeli air minum kemasan, belilah di tempat-tempat resmi seperti supermarket atau minimarket. Kalau anda punya tingkat ketelitian yang sangat tinggi, bisa juga mencoba tips berikut:

Waspada, Air Mineral Kemasan Palsu Beredar di Pasaran2Amati baik baik botol kemasan yang ada, perusahaan minuman air kemasan mereka mengisi botolnya dengan mesin otomatis sehingga ketinggian air akan sama semua, tapi air mineral palsu diisi dengan manual jadi ketinggian air tidak akan bisa sama, yang penting terlihat penuh saja.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan sebarkan ke semua temanmu supaya mereka terhindar dari bahaya air mineral palsu ini.

Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...