Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Merah Sebagai Tanaman Obat Herbal

Sponsored Links
.
.

Manfaat Daun Sirih Merah - Manfaat daun sirih merah sebagai ramuan tradisional sudah sangat populer terutama untuk mimisan yang sangat ampuh. Daun sirih merah telah dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai penyakit yang banyak terjadi. Di dalam daun sirih merah terdapat  senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, dengan kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit ringan hingga berat. Berikut ini khasiat daun sirih merah yang ada di sekitar kita.

Manfaat Daun Sirih Merah
Manfaat Daun Sirih Merah
1. Obat mimisan. Kandungan fenil popada dan terpen dalam daun sirih merah akan memabntu darah yang keluar saat mimisan dapat segera berhenti. Gulung 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.
2. Obat sariawan. Sariawan dengan kandungan vitamin C dan zat antiseptiknya mampu melawan kuman penyebab sariawan. Lakukan perawatan rongga mulut dengan, mengunyah 1-2 lembar daun sirih merah hingga hancur di dalam mulut. Tunggu selama 10 menit sebelum dibuang, lakukan setidaknya 2x dalam sehari.
3. Obat luka bakar ringan. Ketika seseorang mengalami luka bakar, kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan manfaat vitamin Cpada sirih merah akan membantu meredakan peradangan pada area kulit yang terbakar. Cara pembuatannya cukup mudah :
  • Tumbuk 3-5 daun sirih merah
  • Campur dengan 2 sendok teh madu
  • Oleskan di area luka 2 kali sehari
Namun untuk penggunaan sirih merah sebagai obat luar hanya mampu untuk mengobati luka bakar ringan saja.
4. Obat mata merah. Kandungan senyawa alkaloid berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, yang akan meredakan mata merah akibat iritasi. Cara pembuatan obatnya juga cukup mudah :
  • Siapkan 20 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan air hingga mendidih
  • Saring air rebusan
  • Gunakan sebagai kompres mata Atau gunakan kain untuk membasuh mata sekitar 10 menit
5. Obat gusi berdarah. Sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, tanin, mineral kalsium dan fosfor akan meredakan peradangan yang terjadi saat gusi mengalami pendarahan. Langkah pembuatan obatnya :
  • Siapkan 10 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan air hingga mendidih
  • Saring air dan didinginkan
  • Gunakan untuk berkumur, untuk hasil yang efektif lakukan sebanyak 3 kali sehari
6. Obat penyakit bronkhitis. Anda dapat merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air dan menyisakan setengahnya untuk diminum. Daun sirih mengandung  tanin yang mempu menyembuhkan penyakit bronkhitis jika diminum teratur 3x sehari.
7. Obat sakit maag. Kandungan terpennoid dan klavikol di dalam daun sirih merah, dapat mengobati sakit maag. Caranya dengan meminum rebusan dari 7 lembar daun sirih yang dikonsumsi 3 kali sehari secara teratur.
8. Obat gatal akibat serangga. Sirih merah juga dapat meredakan reaksi alergi akibat gigitan serangga atau alergi seafood. Cukup siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, kemudian gunakan untuk mandi 2 kali sehari.
9. Obat radang prostat. Bagi para pria yang mengalami permasalaan dengan kelenjar prostat maka dapat menggunakan daun sirih merah sebagai obat herbal. Kandungan tanin, saponin, dan hidroksicavicol akan meegenerasi sel-sel dalam kelenjar prostat, agar dapat menjalankan fungsinya seperti sedia kala. Rebus 3-7 daun sirih merah yang masih muda dan minum airnya sebanyak 3 kali sehari.
10. Obat darah tinggi. Kandungan minyak atsiri dan fenol akan menstabilkan tekanan darah, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Campur rebusan daun sirih merah dengan manfaat madu saat meminumnya 2 kali sehari.
11. Obat batuk. Untuk mengobati penyakit batuk dapat memanfaatkan daun sirih merah ini, caranya :
  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan 300 ml air
  • Minum untuk 2 kali dalam sehari
Kandungan manfaat vitamin B, vitamin C dan alkaloidnya akan meredakan radang penyebab batuk pada tenggorokan.
12. Obat payudara bengkak. Daun sirih dapat mengobatai payudara yang bengkak setelah menyusui. Bakar daun sirih merah hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi daun masih hangat. Senyawa allylprokatecol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.
13. Mengobati tumor. Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih merah meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem imun meningkat, maka sel darah putih tubuh akan mampu mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.
14. Mengobati diabetes. Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang di derita dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.
15. Obat radang paru-paru. Saat anda menderita radang paru-paru, daun sirih merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Buat rebusan 5-7 daun sirih merah yang sudah tua dalam 500 ml air untuk menyembuhkan radang paru-paru. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membersihkan area paru-paru dari senyawa berbahaya yang tidak sengaja masuk ke paru-paru.
16. Obat asam urat. Daun sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan meluruhkan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. Cara pembuatannya :
  • Siapkan 8 lembar daun sirih yang muda setelah dicuci bersih
  • Direbus dengan 500 ml air
  • Rebus hingga menyisakan air rebusan hingga 3 gelas
  • Minum 75 ml air rebusan, 3 kali sehari secara teratur
Jika dirasakan pahit dapat menambahkan ramuan dengan gula jawa atau 2 sendok makan madu.
17. Mencegah munculnya jerawat. Daun sirih merah juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati jerawat, karena kandungan manfaat antioksidan, flavonoid, dan vitaminnya. Kandungan ini akan memberikan nutrisi pada kulit dan mengganti sel-sel kulit wajah yang rusak akibat terpapar debu dan polusi. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah ini, cukup dengan :
  • Rebus 10 lembar daun dalam 200 ml air
  • Saring air rebusan dan didinginkan
  • Gunakan air rebusan untuk cuci muka 2 kali sehari.
18. Mengatasi gejala keputihan. Selain manfaat sirih hijau, jenis daun sirih merah juga dapat berperan sebagai antiseptik yang mematikan bakteri Candida penyebab keputihan. Anda dapat merebus 5-10 daun sirih merah ke dalam 250ml air. Setalah mendidih, saring airnya dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.
19. Mengurangi bau badan. Daun sirih merah mengandung estragol dan kavicol yang mengendalikan produksi hormon dan kelenjar keringat dalam tubuh. Daun sirih merah dapat membantu mengurangi permasalahan bau badan dengan 2 cara yaitu :
  • Konsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 2 gelas per hari
  • Oleskan 2 lembar daun sirih merah yang telah ditumbuk ke daerah ketiak secara teratur
20. Mengobati bau mulut. Kandungan senyawa eugenol dan kavibetol dalam daun sirih merah akan membantu anda yang mengalami masalah bau mulut tak sedap. Cukup dengan berkumur rebusan daun sirih merah secara teratur saat pagi dan sore. Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun sirih merah ini, semoga bisa menjadi alternatif pengobatan yang ampuh. Sumber : http://manfaat.co.id/20-manfaat-daun-sirih-merah-untuk-pengobatan-herbal
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive